Siap-siap Diperiksa KPK Atau Kejagung Para Menteri Jokowi, MK Batalkan Pasal Kekebalan Hukum

  • Whatsapp

Majalahtrass.com,– Para menteri Joko Widodo pada kesempatan ini telah menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) maka siap-siap diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ataupun Kejaksaan Agung.

Read More

Diketahuinya, Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan Pasal kekebalan hukum dalam Perppu Covid-19 yang sudah menjadi UU 2/2020.

Menurut Satyo, keputusan MK sudah benar karena adanya klausul “bukan merupakan kerugian negara” dalam Pasal 27 Ayat 1 dalam konsideran UU 2/2020 dapat dipastikan bertentangan dengan prinsip mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum.

Pendapat Satyo, jika UU yang menghilangkan tidak sebagian orang hak dikecualikan dianggap sebagai pelanggaran persamaan di depan hukum.

“Tentang pembedaan demikian tentunya telah mengingkari hak semua orang untuk mendapatkan hak keadilan,” terang Satyo kepada¬†wartawan, Minggu (31/10).

Menurut Satyo, pemaknaan bukan kerugian negara sepanjang dilakukan dengan itikad baik merupakan peraturan yang ngawur.

“Bagi para menteri yang akibat menggunakan kewenangannya sehingga dalam kesempatan itu banyak yang menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) corona, maka siap-siap diperiksa KPK ataupun Kejagung,” pungkas Satyo menutup.**Fry

Related posts