Sambodo : Tilang !! Pelanggar Batas Kecepatan Jalur Arteri

MAKALAHTRASS.COM, JAKARTA,~ Polda Metro Jaya (PMJ) tengah mempersiapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk pelanggar batas kecepatan maksimum pada jalur arteri Jakarta dan sekitar yang rawan terjadi kecelakaan.

Read More

“Speeding camera akan kita lanjutkan dan perluas, tidak hanya di jalan tol tetapi juga di jalur-jalur arteri non tol, khususnya di jalan-jalan yang sering terjadi kecelakaan dan sering terjadi pelanggaran batas kecepatan,” ujar Sambodo Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan yang diterima Majalahtrass.com, Selasa (19/4/2022).

Lebih jauh Sambodo menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan survei. Namun, diakui olehnya, sudah ada beberapa kamera tilang elektronik terpasang.

Dilain sisi, pihaknya juga masih melaksanakan kajian legalitas terhadap alat bukti pelanggaran yang dihasilkan sistem kamera tilang elektronik.

“Sekarang ini masih survei. Ada beberapa titik yang sebenarnya sudah dipasang, namun masih dalam tahap untuk diyakinkan apakah hasil capture kamera itu memenuhi legalitas standar sebagai bukti,” katanya.

Karenanya, Pihak kepolisian juga akan segera menyampaikan hasil evaluasi selama satu bulan terakhir terhadap kinerja kamera pengukur kecepatan untuk ETLE yang saat ini terpasang di jalan tol.

“Dalam waktu satu bulan kami akan evaluasi apakah dengan adanya ETLE di jalan tol khususnya terhadap batas kecepatan berpengaruh terhadap menurunnya angka kecelakaan, baik dari segi jumlah dan tingkat fatality kecelakaan,” ucap Sambodo.

Berdasarkan hasil evaluasi sementara, Sambodo menerangkan, tercatat adanya penurunan angka pelanggar di titik yang telah terpasang kamera tilang elektronik untuk batas kecepatan maksimum di tol.

“Pihak kepolisian juga akan terus mengembangkan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis tilang elektronik lewat kerja sama dengan pihak terkait,” pungkasnya. **Red/MDT

Related posts