Rakornas Disdukcapil 2022 Ambon. Zudan : Dukcapil Belajar serta Sosialisasi PERMENDAGRI No. 73 Tahun 2022.

MAJALAHTRASS.COM, AMBON,– Mengambil tempat pelaksanaan di Kantor Disdukcapil Ambon, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional sekaligus menggelar acara Dukcapil Belajar yang dilakukan secara live daring , Jumat (20/05).

Read More

Dalam kesempatan itu, turut mendamping Dirjen Dukcapil adalah i Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse dan Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu.

Agenda khusus pada Rakornas Disdukcapil kali ini yakni dalam rangka peningkatan kualitas aparatur Dukcapil tersebut.

Rakornas itu sendiri dibuka secara resmi oleh Ditjen Dukcapil Kemdagri, Zudan Arief Fakrulloh.

Dalam Sambutannya, Dirjen mengatakan Rakirnas kali ini bertujuan guna membangun literasi baru dan mencerdaskan aparat Dukcapil khususnya di daerah.

Rakornas kali ini merupakam penyelenggaraan
yang ke – 17. Mengangkat tema besar “DUKCAPIL Belajar, Sosialisasi PERMENDAGRI No. 73 Tahun 2022 tentang Pedoman Pencatan Nama Pada Dukumen Kependudukan”.

Khusus untuk Rakornas di hari ini ungkapnya, merupakan penyelenggaraan yang ke 17,dengan tema Dukcapil Belajar, sosialisiasi Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pedoman Pencatan Nama Pada Dukumen Kependudukan.

Menurut Prof. Zudan, pemberlakuan Permendagri Nomor 73/2022 adalah untuk memberikan kepastian hukum,dan perlindungan Hak Asasi Manusia, Disamping itu aturan dan pedoman pencatatan nama juga harus menyesuaikan dengan kolom pada sistem.

Berdasarkan Permendagri 73/2022, pencatatan
nama yang dicatatkan pada AKte Kelahiran harislah mudah dibaca dan tidak menciptakan multitafsir. Terdiri dari 60 karakter termasuk spasi, dan paling sedikit terdiri dari 2 (dua) kata.

Disela-sela kesibukannya, Zudan juga melakukan kunjungan ke Dinas Dukcapil Kota Ambon dan meninjau layanan Adminduk di kantor tersebut.
Atas pencapaian Disdukcapil Ambon yang lebih baik dari sebelumnya, Zudan memberikan apresiasi.

Menurutnya, pembenahan pelayanan adminduk sangat penting, untuk dapat menghasilkan layanan yang lebih cepat bagi masyarakat. Tentunya, selain tempat pelayanan yang lebih memadai, antusias masyarakat untuk mengupdate data kependudukan juga cukup tinggi.

Dan untuk membantu mengoptimalkan pelayanan Adminduk, menurut Zudan, pihaknya telah memberi bantuan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi Dukcapil Ambon dan juga telah dilaunching oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy beberapa waktu lalu. Selain itu Zudan juga telah memberi bantuan Blanko KTP.DMS. **MDT

Related posts