Mulai 24 Januari 2021, Semua Kendaraan Bermotor Di DKI Jakarta Diwajibkan Uji Emisi

  • Whatsapp

“Jakarta majalahtrass.com – Mulai Januari 2021, semua kendaraan bermotor di DKI Jakarta, diwajibkan melakukan uji emisi.Dalam hal ini sebagai bentuk pencegahan polusi udara akibat zat karbon yang dihasilkan kendaraan bermotor. Kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan mendapatkan sanksi penambahan biaya parkir yang berlaku terutama ditempat-tempat perbelanjaan.

“Untuk kewajiban uji emisi pada kendaraan bermotor sebetulnya telah ditetapkan pada tahun 2020 lalu. Tetapi pengaplikasiannya baru akan diterapkan diawal tahun 2021 sebab masyarakat khususnya DKI Jakarta harus disosialisasikan terlebih dahulu.

Read More

“Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syarifudin menerangkan, Pemprov DKI Jakarta diwajibkan setiap kendaraan bermotor roda empat dan roda dua berusia diatas 3 tahun yang ada di DKI Jakarta harus lulus uji emisi.

“Seluruh kendaraan yang beroperasi di DKI Jakarta ( diwajibkan lulus uji emisi ).Entah milik pemerintah maupun milik masyarakat, ujarnya dalam konferensi video bulan lalu.

“Kata Syarifudin, aturan tersebut telah dituang dalam peraturan Gubernur ( Pergub ) Nomor 66 tahun 2020, tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor, pengganti Peraturan Gubernur Nomor 92 Tahun 2007.

“Aturan yang lama Pergub 92 tahun 2007 tidak mengatur tentang kendaraan bermotor roda dua.Nah, Pergub Nomor 66 ini mengatur juga kewajiban motor ( roda dua ) juga harus diuji emisi gas buangnya,” katanya.

“Apabila Masyarakat tidak mengikuti peraturan ini, Pemprov bersama Kepolisian, Dishub dan DLH akan menindak dengan cara razia. Bahkan,ada sanksi yang bisa menjerat pengendara kendaraan bermotor berdasarkan undang-undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Diberlakukan sanksinya mengacu pada Undang-undang 22 tahun 2009. Bila terbukti, bisa dikenakan denda tilang sebesar Rp 250.000 untuk sepeda motor dan Rp.500.000 untuk kendaraan bermotor roda empat ( mobil ),” ujarnya.

“Bukan hanya itu saja, sanksi yang diberikan tak hanya sekedar tilang saja dan bisa lebih berat. Kendaraan yang tidak lolos uji emisi bisa mendapatkan sanksi penambahan biaya parkir yang berlaku ditempat-tempat perbelanjaan.***Fer/majalahtrass.com.

Related posts