Kodam XVIII/Kauari Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

  • Whatsapp

Manokwari, majalahtrass.com,– Kodam XVIII/Kasuari menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2021, dipimpin Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa selaku Inspektur Upacara (Irup) di lapangan Makodam XVIII/Kasuari, Arfai, Manokwari, Papua Barat, Rabu (10/11/2021).

Read More

Upacara dilaksanakan secara terbatas dengan petugas Komandan Upacara (Danup) Mayor Chb Yosep Hadiat dan peserta upacara para Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari yang ditunjuk dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Irup membacakan Amanat dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Ismarini, sedangkan tema yang diusung pada peringatan tahun ini yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”.

Tema tersebut dimaksudkan mengajak untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas yang terinspirasi dari semangat dan tekad para pahlawan.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 Mensos mengajak para peserta upacara untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya”ungkapnya.

Selain itu Mensos juga mengajak seluruh masyarakat secara bersama meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada tanggal 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat di manapun berada.

“Seraya berdo’a semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamin”ujar Mensos.

Usai upacara Pangdam memberikan pengarahan singkat kepada para peserta upacara. Pangdam berpesan kepada anggota untuk terus menjaga kesehatan di saat pandemi covid-19 saat ini.

Terkait dengan peringatan Hari Pahlawan, Pangdam mengatakan bahwa saat ini semua rakyat Indoonesia adalah anak cucu para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah dan merebut kemerdekaan sehingga menghimbau untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Leluhur kita berjuang melawan penjajah sehingg kita memiliki Negara kesatuan Republic Indonesia, wilayah Papua Barat merupakan bagian dari kesatuan Republik Indonesia, mari kita jaga tanah Papua Barat agar terus berdiri menjadi bagian NKRI”tegas Pangdam.

Upacara dilakukukan secara khidmat dan berjalan dengan lancar meski sebelumnya hujan mengguyur wilayah Manokwari dan sekitarnya.**Red/Ferry (Pendam XVIII/Kasuari)

Related posts