Kandidat Kuat Kabareskrim Diprediksi Lulusan Terbaik Akpol 1991

  • Whatsapp

Majalahtrass- Lokomotif kereta api pasti menarik gerbongnya, sudah dipastikan seiring sejalan. Polri akan bergerak setelah DPR menetapkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang akan dilantik Presiden Jokowi.

Menurut kebiasaan lama, biasanya apabila lokomotifnya didepan pasti gerbongnya ikut.

Read More

“Calon kuat pengganti Listyo dapat dibayangkan, dan dipastikan yaitu Irjen Wahyu Widada. Kiprahnya di Kepolisian sarat dengan prestasi yang diraihnya.

“Sejalan, Wahyu Widada menjadi orang nomor satu di jajaran Bareskrim Polri, dipastikan tidak akan menghadapi kendala yang berarti.

“Telah disiapkan, Wahyu Widada menjadi Kabareskrim, Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Sudah diperhitungkan secara matang. Sebab Pimpinan Bareskrim Polri adalah ujung tombak penegakan hukum di Indonesia.

“Terutama dalam menghadapi tantangan kejahatan konvensional, trans nasional, termasuk intoleransi yang lagi marak. Dan saat ini, Polri menghadapi setuasi ekonomi sulit di masa pandemi Covid-19.

“Berikut ini profil dan biodata Irjen Wahyu Widada yang kuat menjadi kandidat Kabareskrim menggantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang kini terpilih jadi Kapolri.

“Sekarang, Irjen Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Aceh.

Berikut ini profil dan biodata Irjen Wahyu Widada : Lulusan terbaik angkatan Akpol 1991, kelahiran di Sleman DIY Yogyakarta, 11 September 1969. Seorang perwira Tinggi ( Pati ) sejak 2 Februari 2020 mengemban amanat sebagai Kapolda Aceh.

Wahyu Widada lulusan terbaik Akpol 1991 juga teman satu angkatan dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Wahyu Widada juga berpengalaman di bidang Reserse. Berikut Riwayat Pendidikannya :
-Akpol (1991) ( lulusan terbaik )
-Lulus PTIK ( 1998 )
-Sespim ( 2006 ) ( lulusan terbaik ).
-Sespimti ( 2014 )
-Sekolah Penerbang ( 1995 )
-Pa Interkrim ( 1996 )
-Pa Brimob ( 1996 )
-National Management Course ( 2002 ).

Banyaknya prestasi yang diraihnya, Irjen Wahyu Widada merupakan Perwira Tinggi yang berprestasi.

Wahyu Widada, sudah malang melintang di sejumlah jabatan penting dilingkungan Polri.

Lulus Akabri tahun 1991 Wahyu Widada terus menunjukkan prestasi luar biasanya hingga pimpinan mempercayakannya pada sejumlah jabatan, mulai dari Kapolres hingga hingga Kapolda.

Pada tahun 1998 dia juga lulus dari Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian ( PTIK ).

Bukan hanya pendidikan polisi, Wahyu Widada juga menempuh Dikjur seperti sekolah penerbangan, PA Intelkrim, PA Brimob, hingga National Menagement Course. Wahyu juga pernah menjabat sebagai Kapolres Pekalongan tahun 2009.

Di tahun yang sama, saat itu pula dia ditunjuk sebagai Sekretaris Pribadi ( Sespri ) Kapolri. Tak lama setelah itu Wahyu Widada meretas karier Kepolisiannya setingkat demi setingkat.

Setahun kemudian,dia dipromosikan menjadi Kapolres Tangerang. Pada tahun 2011 menjadi Kapolres Metro Tangerang.

Lalu kemudian, Wahyu Widada mendapat jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus ( Dirreskrimsus ) Polda Banten tahun 2013.
Setahun kemudian, Wahyu Widada kembali ditarik ke Mabes Polri, menjadi analis kebijakan madya bidang Pidter.

Pada tahun 2015, Brigjen Wahyu menjadi Staff Kepresidenan ( Pamen Bareskrim ).
Kariernya kian cemerlang pada tahun 2016, ia diangkat menjadi Kabagren Rojiantra SSDM Polri.
Tak lama kemudian, Wahyu diangkat menjadi Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Kemahasiswaan STIK/ PTIK.

“Selanjutnya, pada tahun 2017, Wahyu dipercaya diposisi Karojianstra ( Kepala Biro Kajian Strategi ) SSDM Polri. Pada tahun ini juga dipromosikan Wakapolda Riau.

Setahun setelah itu Wahyu Widada menjadi Kapolda Gorontalo. Dan pada tahun 2020 menjadi Kapolda Aceh menggantikan Irjenpol Rio S.Djambak.

Wahyu Widada juga sukses mengantarkan Tito Karnavian sebagai Kapolri 2016 silam. Wahyu Widada saat itu berpangkat Kombes ikut serta dalam tim pemikir. Wahyu Widada juga peraih Adhi makayasa Akpol 1991.

Wahyu menambahkan selama menyiapkan fit and proper test Tito Karnavian, sebagai tim pemikir selalu mendapat kemudahan.

Nama Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada mencuat semenjak menjadi ketua tim mengantar makalah calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk uji kelayakan ke DPR RI beberapa hari lalu. Dan hasilnya Komjen Listyo Sigit Prabowo berjalan dengan baik dan lancar, disetujui DPR RI untuk menjadi Kapolri baru menggantikan Jendral Idham Azis awal bulan Februari memasuki masa pensiunnya.ferr

Related posts