Jaksa Agung Burhanuddin: Putusan Jaksa Pinangki Dibacakan Awal Bulan Depan

  • Whatsapp

Jakarta,Trass- Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, pembacaan putusan terhadap terdakwa Jaksa Pinangki Sirna Malasari akan dibacakan pada Senin, 1 Februari 2021 mendatang. Hal ini disampaikan dalam Rapat Kerja Kejaksaan Agung dengan Komisi III DPR RI.

“Pembacaan putusan Jaksa Pinangki pada hari Senin, 1 Februari,” ujar Burhanuddin dalam rapat kerja dengan DPR RI, Selasa, 26 Januari 2021.

Read More

Putusan ini, lanjutnya, dibacakan setelah replik telah dibacakan pada Senin,25 Januari lalu dan akan dilanjutkan pembacaan duplik pada Rabu, 27 Januari besok.

Dikabarkan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) menuntut Jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan pidana penjara selama 4 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan.

Terbukti, dalam kasus ini Pinangki bersalah dan secara meyakinkan menerima gratifikasi dalam pengurusan fatwa Mahkamah Agung ( MA ) untuk Joko Tjandra. Untuk itu, Jaksa meminta Hakim memutuskan Pinangki bersalah.

“Majelis Hakim, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa saudari Pinangki Sirna Malasari dengan pidana penjara selama 4 tahun penjara, dikurangi selama terdakwa dalam masa tahanan,” kata tim Jaksa Kejaksaan Agung saat membacakan tuntutan Pinangki di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, ( 11/1/2021 ).

Dalam tuntutannya, jaksa juga mempertimbangkan hal yang memberatkan dan memberatkannya Pinangki. Hal yang memberatkan Pinangki dinilai tidak mendukung pemerintah untuk memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sementara, yang meringankan Pinangki mengakui kesalahan dan menyesali perbuatannya. Lalu, jaksa juga mempertimbangkan tentang anak Pinangki yang belita berusia 4 tahun.

“Hal-hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi, terdakwa masih mempunyai anak yang masih berusia 4 tahun,” ujarnya.* Ferr

Related posts