Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Duta Polisi Selebriti 2018 Sekarang Jabat Kapolda Sumbar

  • Whatsapp

Majalahtrass.com,- Irjen Pol Teddy Minahasa Putra kini resmi menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Read More

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempercayakan Irjen Teddy sebagai Kapolda Sumbar melalui surat telegram bernomor ST/1701/VIII/KEP/2021 tertanggal 25 Agustus 2021.

Dalam keterangannya, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono membenarkan isi dari surat telegram yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Wahyu Widada.

Bunyi isi surat telegram tersebut, terdapat 98 perwira tinggi ( Pati ) dan perwira menengah ( Pamen ) Polri yang dimutasi.

“Iya benar (surat telegram, Red),” jelas Rusdi saat dikonfirmasi pada Rabu (25/8/2021).

Pada kesempatan ini, Rotasi Perwira Tinggi dipercaya salah satunya, Irjen Teddy menggantikan Irjen Toni Harmanto yang dimutasi menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Sementara, posisi Staf Ahli Manajemen (Sahli Jemen) Kapolri yang sebelumnya dipegang Irjen Pol Teddy Minahasa Putra akan diisi Brigjen Pol Arkan Hamzah yang semula menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

Dikutip dari Wartakota, Teddy lahir di Minahasa, Sulawesi Utara pada 23 November 1971.

Prwira tinggi Polri yang saat ini berusia 49 tahun tersebut lulus dari Akpol pada 1993.

Sepanjang kariernya di Polri, ia telah menempati sejumlah jabatan strategis dan memiliki karier sangat cemerlang.

Selain itu, Teddy Minahasa Putra pernah menjabat Kapolda Banten.

Beliau pernah menjabat sebagai Kapolda Banten pada Agustus 2018.

Bersamaan waktu, Cukup menarik dan unik, saat itu, Teddy menggantikan Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sekarang menjabat sebagai Kapolri.

Jabatan Kapolda Banten tersebut hanya dipegang Teddy tidak lama hanya seumur jagung dalam kurun waktu tiga bulan saja.

Lalu kemudian, ia diangkat menjadi Wakapolda Lampung melalui surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2949/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018.

Selain itu, Sebelum mengikuti prosesi sertijab sebagai Wakapolda Lampung, Teddy mendapat amanah sebagai Duta Polisi Selebriti 2018 lalu.

Jenderal Tito Karnavian yang kala itu menjadi Kapolri melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Brigjen Dedi Prasetyo menobatkannya dalam acara Launching Media Sosial Polisi Selebriti dan Polis Award, Rabu (12/12/2018) mengenang jalan karirnya.

Teddy Minahasa Putra saat itu terpilih bersama sejumlah polisi lainnya. Antara lain Ajun Komisaris Eko Hari Cahyono “Masuk Pak Eko”, Komisaris Netty Siagian “Viral Ditahan Nelayan”, dan Komisaris Besar Armaini “Viral Menenangkan Demonstrans”.

Dalam sambutannya merujuk rilis, Kamis (13/12/2018), Zandre Badak selaku ketua panitia menjelaskan, terpilihnya Teddy karena kepedulian sosial serta sisi humanisnya.

“Bapak Brigjen Pol Teddy tidak hanya humanis dengan masyarakat, namun juga memiliki kepedulian sosial tinggi.”

Contohnya, Baliau yang berjiwa sosial pernah membantu membangun rumah reyot warga tidak mampu, selain itu juga Dia membantu menyekolahkan anak polisi, dan membantu panti asuhan, dan masih banyak lagi.”

” Beliau low profil, beliau tidak mau dipublikasikan, sehingga tidak banyak orang yang tahu,” papar saya sewaktu beliau pernah menjabat Kasubagminredident Satlantas Polda Metro Jaya.

Teddy Minahasa Putra pernah juga menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2014. Saat itu, Dia berpangkat Kombes Pol.

Sungguh menarik dengan waktu selalu bersamaan waktunya, saat itu Teddy menjabat ajudan Wapres berbarengan dengan Listyo Sigit yang dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Diketahui saat ini, Listyo Sigit Prabowo sekarang menjadi Kapolri.

Irjen Teddy memiliki rekam jejak yang baik. Ia tercatat pernah menjadi penerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

Dikutip dari laman Setkab, tanda kehormatan itu diberikan Presiden Jokowi dalam Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018, yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Selatan pada, Rabu (11/7/2018) pagi

Ketika menjadi staf ahli wapres tahun 2017, Teddy yang masih berpangkat Brigjen juga mendapatkan penghargaan Seroja Wibawa Nugraha sebagai Lulusan Terbaik Progam Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI-TA 2017 Lemhannas RI.

Diberikan penghargaan sebagai lulusan terbaik ini diberikan berdasarkan pada kriteria dengan Akademis Terbaik dan Taskap (Kertas Karya Perorangan) Terbaik.

Mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik disampaikan oleh Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo dalam penutupan PPSA XXI Lemhannas RI di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (23/11/2017).**rry

Related posts