Ini Malam, Kapolri Instruksikan Kapolda-Kapolres se-Indonesia Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bantuan Sosial

  • Whatsapp

Majalahtrass.com,- Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan kepada seluruh jajaran Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar apel serentak yang dilanjutkan menggelar patroli skala besar dan pembagian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, malam ini.

Pembagian bansos ini diberikan secara langsung dilakukan untuk memberikan rasa aman dan tenang bagi masyarakat pada saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat guna menekan angka Covid-19 yang cukup tinggi.

Read More

“Kepada jajaran Polda dan Polres, pada pukul 21.00 WIB nanti akan melaksanakan kegiatan apel dan dilanjutkan patroli skala besar penyaluran bantuan sosial,” ucap Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (23/7).

Menurutnya, guna penyaluran bansos ini ditekankan kepada masyarakat yang paling terdampak ekonominya. Supaya bansos yang diberikan Pemerintah melalui TNI-Polri dapat tercapai tujuan membantu serta meringankan beban masyarakat di saat PPKM.

“Semua daya upaya yang kami lakukan ini demi keselamatan masyarakat. Yang tentunya kita semua berharap agar pertumbuhan Covid-19 menurun, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula. Semoga semua yang kami lakukan ini menjadikan amal ibadah untuk kita semua,” ujar Sigit.

Salin itu, Dalam melakukan patroli skala besar yang dibarengi dengan pembagian bansos, Sigit menekankan agar seluruh jajarannya untuk tetap mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat.

Diberikan sebelumnya, memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali yang mulai berlaku 21 sampai 25 Juli 2021 mendatang. Dimana Polri dan TNI telah diintruksikan melakukan akselerasi atau percepatan penyaluran bantuan sosial dari Pemerintah tersebut.

“TNI-Polri bersama stakeholder lainnya untuk melakukan akselerasi penyaluran bansos kepada masyarakat-masyarakat yang terdampak Covid-19,” jelas Sigit saat menggelar Vicon bersama seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/7).

Dijelaskannya, akselerasi tersebut, kata Sigit, dilakukan dengan peran aktif seluruh jajaran TNI-Polri, seperti Babinsa dan Bhabinkamtibas melalui pemetaan di wilayahnya masing-masing, sehingga penyaluran bansos tersebut guna tepat sasaran.Tak hanya di wilayah yang menerapkan PPKM Level 4, namun juga di PPKM Level 3 dan PPKM Mikro.

“Seperti yang sudah kami lakukan selama ini, bantuan dari Pemerintah yang disalurkan melalui TNI-Polri dapat dipastikan tepat sasaran ke masyarakat di Indonesia. Jajaran kami instruksikan melakukan pemetaan,” ucap Sigit.

Terutama sekali, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah menambah anggaran perlindungan sosial sebesar Rp55,21 triliun, yang dialokasikan untuk bantuan sosial (bansos) penanganan Pandemi Covid-19.

Dalam hal tersebut, Sigit menyebut jika TNI- Polri juga telah menggelontorkan bantuan sosial ke masyarakat yang terdampak perekonomiannya, sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah berawal dimulainya PPKM Darurat dan akan belanjut sampai PPKM Level 4.

Untuk diketahui, sejak pertama kali diterapkan PPKM Darurat pada tanggal 3 Juli hingga 19 Juli 2021, setidaknya Polri telah menyalurkan 475.420 paket dan 2.471.217 Kilogram beras sudah disalurkan kepada masyarakat.

Lalu kemudian, di tahun 2020, bantuan sosial yang disalurkan Polri sebanyak 394.347 paket sembako, 30.000 ton beras, 790.436 Alkes/APD, dan mendirikan 13.119 dapur umum. Sementara, sampai dengan 2 Juli 2021, bantuan Sosial yang disalurkan Polri sebanyak 750.780 paket sembako, 3.753 ton beras, 763.079 Alkes/APD, dan juga mendirikan 143.467 titik dapur umum.**rry

Related posts