Dugaan Suap Miliaran di Ditjen Pajak, KPK Geledah Cari Bukti

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) tengah mengusut dugaan suap puluhan miliar rupiah di Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bahkan, KPK sudah menggelar penggeledahan terkait kasus tersebut.

“Kita sudah (geledah) dan kita juga sudah koordinasi dengan Itjen, Inspektorat Jenderal Kemenkeu, agar kenapa ? Ini kita sinergi,” ucap Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di kantornya, Selasa (2/3/2021).

Read More

Meskipun demikian, Alex belum merinci berapa dan di mana saja lokasi yang sudah digeledah penyidik KPK. Termasuk siapa yang menjadi tersangka dalam kasus ini.

Adapun mengenai modusnya, Alex mengucap diduga ada suap yang mengalir ke tim pemeriksa Ditjen Pajak agar pajak yang harus dibayarkan bisa rendah. Tentu hal ini berpengaruh pada pendapatan negara.

“Udah Biasa kalau di pajak itu kan yang seperti penanganan pajak sebelumnya. Pemeriksaan pajak bagaimana caranya supaya itu rendah, prinsipnya begitu,” jelas Alex.

Alexander menyebut biasanya ada timbal balik yang diberikan dalam modus tersebut. Bila angka pajaknya direndahkan, tentu ada imbalan yang diberikan kepada pemeriksa pajak.

Berjalannya pengusutan kasus tersebut, KPK telah bekerja sama dengan Inspektorat dan Direktorat Jenderal Pajak. Penanganan KPK mengusut dugaan suap, Itjen bersama Ditjen Pajak akan terus melakukan pemeriksaan ulang kembali terhadap nilai pajak yang seharusnya.

“Bersama teman-teman Itjen dan Dirjen Pajak itu akan melakukan pemeriksaan ulang yang terhadap WP (Wajib Pajak) yang dalam pemeriksaan awal itu yang mengandung suap tadi pemeriksaanya enggak benar, itu akan diperiksa ulang,” ucapnya.

“Agar ditentukan pajak yang sebenarnya berapa. Kalau memang benar ada kekurangan pajak dendanya itu kan 200 persen,” tegas Alex.**rry

Related posts