Awas… !! Polisi akan Berlakukan Tilang Elektronik di Jalan Tol.

MAJALAHTRASS.COM, Jakarta : ~ Korlantas Polri akan menerapkan tilang elektronik di jalan tol. Sebagai tahap awal ETLE akan dilakukan sosialisasi selama sebulan ke depan
Selama sosialisasi, pelanggar akan diberikan surat teguran, belum ditilang.

Read More

Penerapan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) akan semakin diperluas. Korlantas Polri akan menerapkannya di jalan tol, yang akan menjaring para pelaku pelanggaran lalu lintas. Khususnya para pengemudi yang melanggar batas kecepatan, atau yang suka ngebut di tol. Kemudian para pelanggar overload overdimension (ODOL) bagi pengemudi truk, demikian mengutip informasi resmi NTMC Polri, Rabu (02/03).

Penerapannya akan dilakukan mulai awal Maret 2022 ini. Kemudian masa sosialisasinya diterapkan pada sebulan penuh di bulan ketiga tahun ini.

“Saat ini sudah ada di tujuh titik untuk WIM (Weight in Motion), kemudian ada lima titik speedcam. Semua nanti akan terkoneksi dengan ETLE Presisi yang ada di Korlantas, jadi hari ini kami sosialisasikan selama 30 hari ke depan,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

Pada tahap awal dilakukan di tol yang dikelola Jasa Marga.

Aan menambahkan, selama 30 hari ke depan atau sampai 30 Maret 2022, para pelanggar yang tertangkap kamera ETLE di jalan tol akan diberikan surat teguran yang langsung dikirim ke alamat pengendara, belum ditilang.

“Artinya nanti disosialisasikan kepada masyarakat pengguna jalan, dikirimkan surat konfirmasi untuk yang melanggar. Ini belum diberikan tindakan selama 30 hari ke depan, hanya peringatan saja,” imbuhnya. **MDT

Related posts